17 Jan 2013

Berlibur ke Panmunjon tanda tangan terlebih dahulu surat kematian

Tujuan utama orang melakukan kegiatan wisata biasanya mencari hiburan dan ketenangan. Namun, di Panmunjom, Korea, Anda tidak akan mendapatkannya, malah harus menandatangani surat perjanjian kematian.

Panmunjom adalah sebuah daerah perbatasan yang paling sensitif di Korea Selatan. Walaupun begitu, daerah ini menjadi salah satu daya tarik wisata di kalangan wisatawan dunia. Satu hal yang perlu calon wisatawan perhatikan sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat ini adalah surat yang harus ditandatangani. Surat tersebut berisi kesediaan menanggung risiko jika mereka tewas tertembak selama perjalanan wisata.

Letak Panmunjom berada 55 kilometer di sebelah utara Seoul, Ibu Kota Korea Selatan. Daerah ini menjadi perebutan kekuasaan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Gencatan senjata yang mengakhiri permusuhan antara kedua negara pada 1953 nyatanya tak menciptakan perdamaian, seperti dilansir Amusingplanet, Rabu (15/1/2013).

Sekira satu juta orang berjaga-jaga di sekitar Zona Demiliterisasi, lahan yang memisahkan Korea dan wilayah paling bersenjata di dunia. Tempat ini berbahaya sekaligus memberikan kontribusi pada sektor pariwisata.

Setiap tahun, ribuan wisatawan mengunjungi desa ini untuk melihat perbatasan terakhir dari perang dingin antar kedua negara yang telah berlangsung lama. Salah satu hal yang dapat dilihat di Panmunjom adalah sebuah bangunan satu lantai yang biasa digunakan untuk pertemuan para pejabat dari kedua belah pihak. Sebuah meja rapat tertutup kain beludru berwarna hijau ditempatkan di garis perbatasan, sementara kabel mikrofon dijulurkan di tengah meja dan diakui sebagai perbatasan internasional.

Setiap ada wisatawan yang ingin melihat-lihat gedung tersebut, empat orang tentara dari PBB akan berdiri di kedua ujung bangunan. Tugas mereka adalah menjaga para turis dari kontak dengan tentara Korea Utara. Wisatawan diperingatkan untuk tidak melakukan kontak mata atau gerakan apapun yang dapat memicu emosi tentara Korea Utara.

Wisatawan juga tidak diperkenankan menggunakan pakaian ketat, berpotongan mini, dan jenis pakaian lain yang dapat memancing pertempuran. Panmunjom adalah sebuah daerah yang unik, tempat yang berbahaya dan penuh senjata namun menarik wisatawan banyak yang biasanya datang menggunakan bus pariwisata.

Sumber


2 komentar:

STATUS FB TERBAU 2015