31 Des 2012

Malioboro diperuntukkan bagi pejalan kaki pada malam tahun baru

foto by google

Untuk mengantisipasi puncak perayaan malam Tahun Baru 2013 pada Senin (31/12) nanti, aparat kepolisian Polrestabes Yogyakarta akan memberlakukan sistem buka tutup pada beberapa ruas jalan dan pengalihan arus kendaraan. Hal ini ditujukan untuk mengurai kemacetan di titik-titik pusat perayaan malam pergantian tahun.

Data dari Jogjakarta city for traffic info, kepolisian akan menutup jalur Malioboro, jalan Ahmad Dahlan dan jalan Senopati Kota Yogyakarta untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan kendaraan.

Mulai Senin(31/12) malam pukul 18.30 WIB akan dilaksanakan pengalihan kendaraan total dari jembatan Kleringan menuju ke jalan Ahmad Jazuli. Sepanjang jembatan Kleringan juga berlaku larangan parkir kendaraan khususnya roda dua sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Jalur yang akan ditutup total untuk mencegah kemacetan di antaranya Jl Ahmad Dahlan, jalan Senopati dan Kawasan Malioboro untuk digunakan sebagai alih fungsi pedestrian street atau khusus untuk pejalan kaki saja.

Arus lalu lintas dari arah barat RS PKU Muhammadiyah ke titik nol kilometer dialihkan ke jalan Bhayangkara. Sedangkan arus dari Jl Sultan Agung akan dialihkan ke jalan Katamso dan Suryotomo, atau dari jalan Suryotomo akan dialihkan ke jalan Sultan Agung kembali pada pukul 20.00 WIB.

Kendaraan yang datang dari Jl Mataram akan dialihkan ke Jembatan Kleringan dan jalan Pasar Kembang pada pukul 19.00 WIB khususnya kendaraan roda empat. Kemudian jalan akan ditutup total serentak pukul 20.00 WIB.

Untuk Lokasi parkir kendaraan disediakan dibeberapa kawasan seperti di Jl. Abu Bakar Ali, Jl. Senopati, tempat parkir Bank Indonesia dan tempat parkir Ngabean.

Langkah itu dilakukan guna mempermudah masyarakat atau wisatawan yang sengaja ke Yogyakarta dan ingin merayakan malam tahun baru di jantung Kota Yogyakarta. Penutupan jalan jantung kota itu, dilakukan setiap tahun.

"Masyarakat maupun wisatawan bisa nyaman selama menyambut pergantian tahun karena tidak ada kendaraan yang melintas Jalan Malioboro. Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap Tahun Baru, Jalan Malioboro selalu ditutup," ungkap Erick Tanjung salah seorang warga kepada merdeka.com, Minggu (30/12)

Penyambutan pergantian tahun di Yogyakarta, dipastikan bakal seru sebab di Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta, bertepatan dengan digelarnya Sekaten oleh keraton.

Selain itu, dibeberapa tempat umum seperti Mandala Krida, Yogyakarta Senin (31/12) malam bakal digelar road race malam hari. Diikuti sekitar 100 pembalap lebih yang datang dari berbagai kota dan daerah.

Sementara di Panggung Festival Purawisata, Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta, juga digelar konser Dangdut Seru dengan menampilkan sejumlah penyanyi dangdut top yang ada di Jateng dan Yogyakarta.

Di obyek wisata Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru, dan Pantai Gua Cemara, Bantul, Selasa (1/1) digelar Campursari. Di kebun binatang Gembiraloka Zoo, Selasa (1/1) di Mayangtirto, digelar Band Lokal untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015