3 Des 2012

Wisman ke Bali Menurun


Wisatawan mancanegara (wisman) pada Oktober 2012 mencapai 688.300 orang. Namun, wisman ke Bali ditengarai mengalami penurunan sebesar 1,17 persen dibandingkan pada September 2012.

Dari Sumber yang kami dapat, "Jumlah wisman yang datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, selama Oktober turun 1,17 persen dibandingkan September 2012," kata Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo, di Jakarta, Senin (3/12/2012).

Akan tetapi, jumlah wisman yang datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, selama Oktober naik 3,39 persen dibanding pada periode yang sama tahun lalu, yaitu dari 244.400 orang menjadi 252.700 orang.

Sasmito menambahkan, terjadi perpindahan wisman ke daerah Jawa. Dia mencontohkan, wisman Malaysia ke Bandung, Jakarta, dan lain-lain. "Kalau yang ke Bali mungkin cari ke destinasi lain," ujarnya.

"Wisman Singapura itu mungkin ke Kepulauan Riau, ke Jakarta. Walaupun sudah mulai menyebar sedikit, tetapi belum banyak berubah, sebagian besar ke Kepulauan Riau," ujar Sasmito.

Sasmito mengatakan, ada pula peningkatan wisman dari China, dikarenakan penghasilan wisman China semakin tinggi. "Iya, meningkat karena mereka penghasilannya makin tinggi. Nah, mereka meningkat bukan hanya bulan ini, tapi juga bulan-bulan sebelumnya. Mereka, selain sekadar liburan, juga untuk bisnis," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015