Loading... Please wait

Cara Memulai Untuk Menghargai Diri Sendiri

Menghargai orang lain adalah suatu keharusan, bahkan di dalam Agama juga kita disuruh untuk saling menghargai, kasih mengasihi, saling asuh, saling bahu membahu. Namun timbul pertanyaan, bagaimana seseorang bisa menghargai diri kita? Jawabnya sederhana saja, jadi intinya adalah jika kita menghargai orang lain sedikit tidak orang juga akan menghargai kita.

Benarkah,,,? Saya tidak mengatakan wajib tapi pasti sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur'an yang mengatakan "unsa bil unsa" jika kita berbuat baik pada orang lain, orng juga akan berbuat baik pada kita. Pertanyaan lagi, bagaimana kalau saya selalu berbuat baik terus orang2 membalas dengan kejahatan, seperti pepatah kita mengatakan "air susu di balas dengan air tuba" , jawabnya adalah, coba kita lihat kebelakang (masa lalu) kita dan kaji kembali apa yang pernah kita lakukan, sang pencipta menciptakan segala yang ada di muka bumi ini dengan berpasang-pasangan, kaya-miskin, susah-senang, sehat-sakit, BAIK-JAHAT, laki-perempuan dan masih banyak lagi.

Kenapa yang baik-jahat di tebalkan ya? jangan di pikirkan sobat karna itu menyangkut apa yang saya bicarakan. Jadi begini, hidup memang tak pernah lari dari kesalahan, oleh karna itu kita jangan menyalahkan diri sendiri krna tuhan selalu memberikan yang baik buat hambanya, cuma kita sebagai hamba ini ynag tidak mau tau apa yang tuhan berikan kepada kita sebagai hambanya.

Anda memiliki penilaian psitif pada diri Anda sendiri. Anda mengenal diri Anda secara baik. Anda memiliki penerimaan diri yang kualitasnya lebih mungkin mengarah ke kerendahan hati dan ke kedermawanan. Anda dapat menyimpan informasi tentang diri sendiri – informasi negatif maupun positif. Anda seorang yang optimis, penuh percaya diri, dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya. Anda menganggap hidup adalah suatu proses penemuan. Anda berharap kehidupan dapat membuat diri Anda senang, dapat memberikan kejutan, dan memberikan imbalan. Dengan menerima semua keadaan diri Anda maka Anda juga dapat menerima semua keadaan orang lain.

Jadi bagaimana cara memulai menghargai diri sendiri?

Fokus pada hobi anda.

Manusia memang tidak ada yang sempurna. Namun, jangan berfokus pada apa yang tidak Anda sukai di tubuh Anda. Alihkan perhatian pada bagian tubuh yang menurut Anda paling bagus, misalkan bentuk mata Anda yang indah.

Jauhi dan buang pikiran negatif.

Apakah Anda sering berbicara kepada diri sendiri dengan berbagai perkataan negatif tentang tubuh sendiri? Setiap kali Anda mendapati diri berkata sesuatu yang tidak begitu baik kepada diri sendiri, jangan biarkant, stop dan ganti pikiran negatif dengan sesuatu yang positif tentang diri Anda. Kuncinya adalah Kesadaran.
Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik itu dalam hal keuangan, karier, penampilan, keluarga, dan materi, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak bisa menjadi yang terbaik dalam segala hal, tapi Anda bisa menjadi yang terbaik bagi diri sendiri.

waktu.

Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.
Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuh.
Memang mudah mengabaikan kesakitan yang dirasakan tubuh dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Cobalah berendam di air panas yang dicampur garam atau mintalah seseorang untuk memeluk. Bisa juga cobalah berdiri dan lakukan peregangan.

Pergi ke dunia lain.

Caranya adalah dengan membaca buku, menonton film, atau biarkan pikiran mengalir ke mana pun ia pergi.
Melakukan sesuatu yang konyol. Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.

Berlibur.

Apalagi jika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti di ahir pekan anda dan lakukan apa yang ingin dilakukan seharian penuh.
Ciptakan rasa nyaman.
Contoh, dengan menelepon teman atau minum teh hangat, tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis buku harian, makan sesuatu yang disukai, mencium bau minyak aromaterapi seperti vanila, lavender, dan lain-lain.

Masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk menghargai diri kita sendiri, namun kita akan lanjutkan pada kesempatan mendatang, untuk mendapatkan artikel menarik lainnya silahkan follow blog ini anda akan langsung mendapatkan berbagai imformasi terupdate.

Masukkan alamat email kamu disini:

Posting Keren Lainnya : Bloggeron

3 komentar:

Mas Agung Laksana mengatakan...

hobi skrg nge blog nih... hehehe, doain ya smoga traffic bnyk & menghasilkan :D

[ Reply ] | 20 September 2012 17.59
Anonim mengatakan...

iya nih lg ngerasa menyalahkan diri sendiri. hrs gmn neh?

[ Reply ] | 19 Desember 2013 15.43
Kuboy lombok mengatakan...

itu artinya kita menyadari akan kesalahan, mohon petunjuk yang kuasa, maksih gan udah mampir,,,,
salam knl

[ Reply ] | 30 Desember 2013 20.03
:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p :-o :-g :-x

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Translate