15 Des 2012

Dua Ekor Ikan Pari Ditemukan Di Danau Air Tawar


Gambar Ilustrasi

Dua nelayan asal Desa Pahalatan Tabat, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Madi dan Rahim, menemukan dua ekor pari di kawasan Danau Bangkau, Kamis kemarin. Temuan itu mengejutkan masyarakat karena Danau Bangkau merupakan perairan air tawar.

Menurut Sumber, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Suhaimi, Sabtu (15/12/2012) sore, membenarkan adanya tangkapan dua ekor ikan pari yang diperkirakan berjenis kelamin jantan dan betina, dengan berat mas ing-masing sekitar 50 kilogram dan 30 kilogram itu.

Sayangnya, lanjut Suhaimi, ikan yang hendak ia beli untuk diteliti tersebut keburu mati. Rencananya Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin akan meneliti satwa tersebut mengapa bisa hidup di air tawar, bukan di air laut seperti yang terjadi selama ini.

Ikannya mati tadi padahal kami sudah sepakat soal harganya. Kami juga sudah persiapkan mobil khusus untuk mengangkutnya ke Banjarmasin, ujarnya.

Menurut Suhaimi ikan itu tidak saja mati tapi juga sudah dipotong-potong oleh pemiliknya. Dua hari terakhir ikan tersebut memang dipelihara oleh penemunya di dalam jaring di sungai setempat. Sang penemu juga dikabarkan kesulitan mencarikan makan.

Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Hulu Sungai Tengah sendiri memerkirakan ikan tersebut bisa hidup di air tawar lantaran berhasil beradaptasi dengan lingkungan. Ikan itu diperkirakan masuk dari laut melalui muara sungai-- kemungkinan Sungai Barito--dan menyusuri alur sejauh ratusan kilometer hingga sampai ke Danau Bangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015