17 Agu 2011

Cara Menghindari Stres

Hallo sobat tercinta, pa kabar, baik2 aja kan,,,? semoga di kesempatan ini sobat sentiasa dlm lindungan sang penguasa jagat raya ini.
Sekian lama saya gak pernah posting atau membahas tentang stress. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi secuil pengalan untuk di coba dengan harapan semoga saja kita bisa terhindar dari penyakit yang namanya stress.
Terlalu banyak yang membuat kita menjadi strss contohnya macet dlm perjalanan, masalah keuangan, kehancuran dalam berhubungan, ini merupakan secuil dari sekian banyak masalah yang timbul pada diri kita.

Saya pernah memposting tentang cara mengatasi stress dan tujuan saya memposting kembli tentang cara mengatasi stress ini sebagai pelengkap artikel yang lalu.
Namun Sebelum saya melanjutkan, saya ingin memberikan penekanan bahwa stress sebetulnya juga dapat menjadi positif.
Sebagai contoh, ketika kita di hadapi dengan masalah keuangan. ketika Stress menghadapi masalah keuangan,ini seakan meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan penyebap stress itu, Juga misalkan peristiwa-peristiwa seperti perkawinan, memiliki bayi, atau memiliki rumah baru – hal-hal ini justru dapat merubah kehidupan anda menjadi lebih baik.
Diluar hal-hal positif diatas, perasaan stress sebaliknya bisa mengganggu kesehatan kita, kestabilan emosi anda dan hubungan anda bersama orang lain. Tanda dan gejala stress bermacam-macam tergantung kepada masing-masing orang, seperti : sakit kepala, kelelahan, ketegangan pada otot, depresi, mudah marah, khawatir, hilang ingatan, tidak memiliki selera humor, gelisah, makan berlebihan, merokok yang tiada henti, minum bahkan kecanduan obat.
Nah, langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mengurangi stress ini? Berikut ini ada beberapa cara sderhana untuk mengurangi stress

IMPIAN

Tidak sedikit diantara kita menaruh impian/harapan yang tidak realistik. Tidak salah,saya masih ingat betul ketika saya mengadiri seminar dimana pada saat itu pembicaranya adalah bapak RUDI M NOOR, beliau mengatakan “buatlah impian yang besar kalau ingin mendapatkan hasil yang besar.”.
Mempunyai impian yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mencapainya, namun jika impian itu masih jadi tanda tanya, apa lagi sampai berpikiran yang negatif sebaiknya di lupakan saja kalu tidak di barengi dengan tindakan karna hal inilah yang akan membuat kita stress, sperti pepatah mengatakn "lebih besar pasak daripada tiang"

OLAH RAGA

Lakukan akivitas olah raga, dimana kegiatan ini juga sangat membantu kita mengurangi stress, melalui pelepasan endorphins, yaitu hormon anti depresi yang dimiliki tubuh.
Aktivitas olahraga seperti jogging, berenang dan aerobik dapat membuang energi yang jika didiamkan dapat tertimbun di dalam tubuh.

PERSIAPAN

Ketika kita berbicara di depan umum, apa lagi baru pertama kali, rasa kaku dan gemetar tidak bisa di kendalikan, rasa takut salah di depan publik cukup membuat kita down,Hal spsrti ini yang bisa menimbulkan rasa stress.
Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi hal ini adalah anda melakukan persiapan yang mapan.
Kita juga bisa melakukan latihan paling tidak di depan keluarga atau teman-teman anda.

ISTIRAHAT DAN BERLIBUR

Setelah kita melakukan pekerjaan sebiknya kita beristirahat untuk menormalkan kembali pikiran kita akibat pekerjaan yang begitu banyak dan mendesak untukndi klearkan. jika dipaksakan, fokus anda sudah pasti akan terganggu. Akibatnya kualitas pekerjaan anda akan menurun. Jika memungkinkan, pergilah jalan-jalan ke tempat wisata mungkin atau ke tempat dimana kita mersa fresh.


Sempoga bisa membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015