16 Des 2011

Pemimpin Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim Menjalani Sidang Terkait Dugaan Sodomi

Hakim yang menangani sidang dugaan sodomi pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan keputusan kasus itu akan dijatuhkan awal tahun depan. Hakim Mohamad Zabidin Diah mengatakan,"Saya akan menyampaikan keputusan tanggal 9 Januari," di pengadilan Kuala Lumpur, hari Kamis (15/12). Zabidin menetapkan tanggal keputusan itu setelah kuasa hukum Anwar menyampaikan pembelaan terakhir atas kasus yang melibatkan anak buah mantan wakil perdana menteri itu. Sodomi ilegal di Malaysia dan Anwar menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Menurut sumber (BBc), Anwar, 64, mengatakan pengadilan yang dimulai Februari 2009 itu merupakan upaya politik untuk mencegahnya meraih kekuasaan dalam pemilu dan merupakan pengulangan kasus 1998. Dalam kasus pertama, ia dipenjara karena dakwaan sodomi dan korupsi setelah dipecat sebagai wakil perdana menteri. Anwar mengatakan sewaktu di luar gedung pengadilan. "Bila mereka mengira opsi politik untuk memperlemah pihak oposisi, maka saya yakin setelah tanggal 9 Januari, pihak oposisi akan semakin kuat apakah Anwar berada di dalam atau di luar penjara,"
Para pakar hukum mengatakan dengan keputusan bersalah Anwar akan didiskualifikasi untuk ikut serta dalam pemilihan umum dalam beberapa bulan mendatang.

Anwar yang dipenjara sepuluh tahun lalu dalam kasus sodomi terpisah, mengatakan kasus itu direkayasa oleh Perdana Menteri Najib Razak sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk merusak namanya dari panggung politik. Dalam persidangan Kamis jaksa mangajukan sejumlah bukti termasuk pelumas dan celana dalam penuduh Anwar, Saiful Buhari Azlan. Kuasa hukum Anwar mempertanyakan sampel DNA yang digunakan dan juga kredibilitas penuduh, Saiful Buhari yang bertemu dengan PM Najib beberapa hari sebelum insiden terjadi. Najib mengatakan ia bertemu dengan penuduh Anwar namun sebelum Saiful mengajukan laporan ke polisi bulan Juni 2008 dan ia menyanggah ikut campur dalam kasus tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015