16 Nov 2011

Cara Mengurangi Steres

STRES,,,,,Bahaya yang ditimbulkan oleh 5 hurup ini (STRES) membuat tidak sedikit orang bunuh diri, gila dan banyak efek negatif lainnya yang merusak mental seseorang.
Yang jadi permasalahan sekarang adalah apa solusi dan bagaimana cara Menghindari Stres.
Tuntutan pekerjaan yang banyak di tambah beban lain membuat kita semakin dekat dengan yang namanya stres.
Saran dari para Dokter agar jangan meremehkan hal ini, jika sampai terjadi, bisa jadi mengancam kesehatan seperti jantung dan metabolisme tubuh.

Berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk menghindari tekanan stres.

Jika anda adalah orang kantoran,Tata dan hias ruang kerja sesuai dengan selera Anda. Tempel foto keluarga atau teman, hal ini akan membuat kita merasa lebih rilex dan nyaman layaknya di rumah.Selain foto, kita juga dapat menghias tempat kerja dengan kliping majalah, tulisan berupa kutipan inspiratif, cerita lucu hingga komik atau novel yang bisa dibaca saat waktu luang anda.

selanjutnya adalah dengan keluar kantor beberapa saat waktu istirahat anda. Di waktu makan siang dapat Anda manfaatkan untuk sekedar berjalan-jalan di sekitar kantor. Jaga ritme alami tubuh dengan melakukan stretching ringan di sela sela pekerjaan. Utamanya pada saat kita kerja lembur agar tubuh bisa menyesuaikan tingkat beban yang dihadapi.

Selain itu, Buat daftar pekerjaan yang harus di kerjakan menurut urutan kepentingan dan deadline. kelompokan barang-barang atau dokumen yang sedang Anda butuhkan.Atur berkas berdasarkan kelompok masing2 dokumen. Meja kerja yang yang tertata rapi akan membuat Anda bekerja dengan lebih fresh dan terhindar dari stres.

Sarapan di pagi hari dan makan siang sangatlah penting untuk memulai sutu pekerjaan, dimana Saat sumber energi dalam tubuh tersedia dengan cukup akan membuat tubuh siap menghadapi tekanan. Nikmatilah waktu makan siang untuk sekedar bertukar pikiran dengan teman kerja anda, dan jangan lupa pilih makanan dengan asupan yang bergizi.

Kurangi kopi selama bekerja, Kafein menghasilkan ‘tense energy’ – walaupun kita merasa bertenaga dan produktivitas Anda dapat meningkat namun tanpa terasa ketegangan juga akan perlahan menggiring Anda pada stres. lebih lagi kalau dosis kopi Anda terus meningkat, hal ini akan membawa siklus yang kurang baik bagi tubuh Anda. Disarankan untuk perbanyak minum air putih karna ini sangat ampuh untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh, apabila cukup air dalam perut, tubuh secara tidak langsung akan mengurangi konsumsi makanan yang kurang sehat disaat stres menghampiri.

Mendengar musik favorit anda sangat efektip melepaskan tekanan yang dirasakan. Pilih lagu-lagu yang sekiranya bisa mengangkat selera (mood) Anda

Jika anda pernah menuliskan memory(kenangan masa lalu) yang bisa mempengaruhi anda, hapus tulisan tersebut karna hail ini satu saat bisa memicu anda menjadi stres.

Melakukan terapi ringan, ini dapat dilakukan di kursi tempat anda bekerja. Duduklah dengan kedua kaki menapak ke tanah, pejamkan mata, bernapaslah dengan rileks, bayangkan dan nikmati suasana tempat liburan yang ingin Anda kunjungi. Gunakan panca indera untuk membangun imajinasi tentang tempat tersebut, seperti apa aromanya dan bagaimana suara yang terdengar. Tanamkan pesan atau motifasi yang ingin Anda dengar, misalnya “Aku ingin lebih produktif”. Saat membuka mata, harapannya Anda akan merasa seperti baru saja pulang dari liburan tersebut dan mengisi ulang mood yang segar untuk memulai pekerjaan anda.

luangkan waktu sejenak untuk melihat video lucu kesyangan anda saat stres akan datang.nikmati aksi lucunya sehingga mampu menggugah selera humor Anda.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah melakukan olahraga,ini dapat dilakukan di pagi hari atau ahir pekan. Buat grup olah raga bersama tetangga atau teman kantor, bisa berupa grup futsal, badminton atau bersepeda yang di laksanakan seminggu sekali. Dapat pula Anda melakukan fitness secara teratur. Kebanyakan orang merasa dirinya tidak punya waktu untuk berolah raga karena waktunya habis untuk pekerjaan dan istirahat. Padahal meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga akan memberikan efek ‘isi ulang tenaga’ lebih cepat dan meningkatkan daya tahan tubuh kita menjadi lebih baik dan sehat.

Hanya ini dulu yang dapat saya jelaskan, semoga bemanfaat buat para pembaca,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015