17 Nov 2011

SBY Diminta Pendemo Segera Ke Papua

Ratusan massa di Jayapura dari Solidaritas Kemanusiaan Rakyat Bangsa Papua (SKRBP) Rabu kemarin menggelar demo di beberapa titik diantaranya adalah Ekspo Waena, Perumnas III tepatnya di gapura pintu masuk Kampus Uncen dan depan Kantor Pos Abepura.

Menurut sumber berita yang saya kutip baik dari TV maupun Koran, massa yang terdiri dari mahasiswa dan warga sipil ini mulai berkumpul sekitar pukul 10.00 WIT pagi di tiga titik tersebut. Di Ekspo Waena, massa melakukan orasi-orasi singkat, sedangkan di gapura pintu masuk kampus Uncen, massa melakukan pemalangan akses masuk ke kampus.

Sesudah melakukan aksinya di depan kampus Uncen kemudian massa langsung menuju Ekspo Waena untuk bergabung dengan massa di Ekspo dan selanjutnya menuju depan Kantor Pos Abepura dengan membawa beberapa spanduk bahkan karangan bunga sebagai tanda turut berduka cita atas meninggalnya salah seorang anggota DPRP, Tonny Ifandi dan selanjutnya melakukan beberapa orasi.

Dalam orasi tersebut, massa menuntut dan mendesak kejelasan status kedatangan Bapak Kepala Negara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Papua dalam rangka menuntaskan kasus-kasus yang terjadi selama ini di Papua.

"Kami menginginkan Presiden SBY hadir di Papua untuk menyelesaikan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, karena rakyat Papua sudah tidak percaya lagi dengan pemerintah daerah baik itu eksekutif maupun legislatif," koar salah seorang pendemo yang berorasi.

Selain itu, massa juga menuntut supaya pemerintah Indonesia segera menyelesaikan berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Papua seperti penyelesaian kasus Kongres Rakyat Papua III yang telah menewaskan tiga warga sipil dan ditemukan usai KRP III di perbukitan tepatnya di belakang Makorem 172/PWY.

"Kami tidak ingin ada utusan yang dikirim oleh pemerintah Indonesia karena kalau bukan Presiden SBY yang hadir di Papua berarti pemerintah Indonesia sudah tidak menganggap Papua menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata salah seorang pendemo.

Di sela-sela aksi tersebut, tampak beberapa orang dari massa melakukan penggalangan dana sukarela dari masyarakat yang melintas, baik pengendara sepeda motor maupun mobil, bahkan taksi sekalipun. Kemudian setelah melakukan orasi di depan Kantor Pos Abepura dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, massa kemudian berjalan menuju kediaman Alm Tonny Ifandy yang di Kotaraja.

Massa tiba di rumah duka ini setengah jam setelah jenazah tiba di rumah duka. Massa yang berjumlah lebih dari 100 orang ini datang dengan atribut dan perlengkapan demo termasuk spanduk-spanduk massa langsung menutupi gang masuk almarhum dan diterima oleh keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STATUS FB TERBAU 2015